Alasan Mengapa Harus Menerapkan ISO 37001

Sertifikasi

ISO 37001 merupakan standar internasioal sistem manajemen anti penyuapan (anti-bribery management system) yang dibutuhkan oleh berbagai organisasi atau perusahaan menunjukkan bahwa organisasi telah menutup segala celah kemungkinan terjadinya praktek penyuapan, termasuk korupsi. Berikut alasan yang menjelaskan mengenai manfaat implementasi ISO 37001 dalam sistem manajemen, yaitu:

  1. Korupsi Adalah Masalah yang Dialami Setiap Negara

Banyak orang berpikir bahwa korupsi terjadi pada masyarakat kalangan ekonomi rendah saja. Tetapi studi menunjukkan bahwa 1 dari 6 perusahaan di Jerman mengalami kasus penipuan dan korupsi dalam kurun waktu 2 tahun terakhir atau setara dengan peningkatan kasus sebanyak 2 kali lipat dibandingkan laporan 2 tahun lalu. Data statistik tersebut menunjukkan bahwa tindak penyuapan masih tersebar luas di seluruh penjuru dunia.

  1. Menerapkan sistem “Lebih Baik Mencegah daripada Mengobati”

Penerapan tersebut penting demi mengurangi risiko malpraktik karena standarnya dirancang untuk membantu organisasi mencegah penyuapan.

  1. Proteksi untuk Mengantisipasi Penyuapan

ISO 37001 dapat membantu dalam kasus investigasi hukum untuk mencegah korupsi. Sertifikasi dianggap sebagai factor yang meringankan dan menjadi dasar untuk mengajukan keringanan hukuman.

  1. Organisasi Menjadi Semakin Kompetitif

Sertifikasi ISO 37001 membyar organisasi semakin kompetitif karena adanya daya saing yang meningkat, dimana sertifikasi menjadi sinyal yang kuat bagi klien dan konsumen untuk mempertahankan kepercayaan dan loyalitas. Komitmen yang kuat dalam memerangi korupsi akan membantu melindungi reputasi organisasi.

  1. Keyakinan Bahwa Manajemen Puncak Organisasi Bisa Dipercaya

Didalam ISO 37001 berisikan persyaratan yang bersifat mengikat dan menunjukkan komitmen kuat dari manajemen puncak. Dengan demikian sertifikasi juga memberikan jaminan kepada investor, pelanggan, karyawan, dan para stakeholder bahwa perusahaan telah melakukan berbagai upaya terbaiknya untuk mencegah dan menghindari penyuapan.

  1. Pengaruh Positif Terhadap Budaya Perusahaan

Penerapan sistem manajemen anti-suap berkontribusi pada budaya integritas dan transparansi organisasi sehingga pelapor dapat memperoleh perlindungan dan membuat masalah bisa terdeteksi sejak dini sebelum kerugian terjadi secara masif. Budaya perusahaan yang positif dan selalu profesional akan membuat loyalitas karyawan, klien, mitra bisnis, dan pelanggan semakin meningkat.

Tags :
Share This :

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Punya Pertanyaan?

Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan info lengkap tentang sertfikasi ISO