ISO 20000-1 Sistem Manajemen Layanan IT

Teknologi informasi menjadi bagian penting dalam menunjang operasional bisnis perusahaan. Karena perannya yang sangat sentral, Anda perlu mengimplementasikannya dengan benar. Untuk membantu proses implementasi tersebut, terdapat standar ISO 20000-1 tentang manajemen layanan berbasis IT yang bisa menjadi panduan.

Apa Itu ISO 20000-1?

ISO 20000-1 merupakan bagian pertama dari ISO 20000 yang membahas tentang manajemen layanan berbasis IT. Standar ini pertama kali dirilis tahun 2005 dan kemudian mengalami revisi pada 2011 dan 2018 dan memiliki pembahasan tentang service management system (SMS).

Lingkup pembahasan ISO 20000-1 mencakup berbagai aspek, termasuk di antaranya adalah pembangunan, implementasi, pemeliharaan, serta melakukan peningkatan manajemen layanan berbasis IT secara berkala.

Penerapannya memiliki manfaat sangat besar bagi penyedia layanan berbasis IT, baik berskala besar maupun kecil. Dengan memanfaatkan standar ini, Anda dapat menyediakan pelayanan berkualitas kepada para pelanggan.

Lalu, siapa saja yang memerlukan standar ISO 20000-1 tentang manajemen layanan berbasis IT? Ada beberapa perusahaan yang secara khusus memerlukan standar internasional ini, termasuk di antaranya adalah:

  • Organisasi atau perusahaan yang memerlukan layanan berkualitas dan jaminan terkait persyaratan layanan
  • Organisasi atau perusahaan yang memerlukan cara pendekatan yang konsisten terhadap lifecycle layanan dari semua provider, termasuk mereka yang ada di supply chain
  • Organisasi atau perusahaan yang ingin menonjolkan kemampuannya dalam hal perencanaan, desain, transisi, pengiriman, serta peningkatan layanan
  • Organisasi atau perusahaan yang ingin memonitor, menilai, serta mengukur kualitas layanan dan service management system yang dimiliki
  • Organisasi atau perusahaan yang punya komitmen dalam meningkatkan perencanaan, desain, transisi, pengiriman, serta kualitas layanan secara efektif melalui implementasi service management system

Organisasi atau perusahaan penyedia pelatihan atau konsultasi dalam bidang manajemen pelayanan

Manfaat Sertifikasi ISO 20000-1 untuk Perusahaan

Standar ISO 200001 termasuk salah satu kebutuhan penting bagi perusahaan yang menjalankan bisnis di sektor IT. Kepemilikannya bakal memberikan berbagai manfaat, termasuk di antaranya adalah:

1. Kredibilitas Merek

Kelebihan pertama yang bisa Anda peroleh dari implementasi standar ISO 20000-1 berkaitan dengan kredibilitas merek. Pelanggan akan menilai perusahaan Anda secara lebih positif berkat penerapan standar internasional ini.

Keberadaannya dapat menjadi sebuah jaminan pelayanan berkualitas di mata para pelanggan. Oleh karena itu, tak heran kalau perusahaan Anda akan mendapatkan keuntungan ekstra yang membantu dalam memenangkan persaingan bisnis.

2. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

ISO 20000-1 membantu perusahaan dalam memilih cara pendekatan komprehensif terkait pemberian layanan IT yang efektif. Anda pun bisa menerapkan kebijakan, prosedur, serta tahapan proses yang tepat untuk mewujudkannya. Hasilnya, Anda dapat menyediakan layanan IT yang memudahkan para pelanggan dalam memanfaatkannya.

Lebih lanjut, penerapan ISO 20000-1 membantu karyawan dalam memahami tugas serta tanggung jawabnya masing-masing. Karyawan pun dapat bekerja secara lebih efektif dan efisien dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Alhasil, pelanggan bisa mendapatkan kepuasan dari layanan perusahaan.

3. Sistem Perbaikan yang Berkelanjutan

Implementasi ISO 20000-1 membantu perusahaan dalam melakukan pendekatan berbasis proses yang berkelanjutan. Cara pendekatan seperti ini memberi manfaat dalam membantu meningkatkan sistem manajemen serta bisnis secara bersamaan.

Sistem perbaikan berkelanjutan merupakan hal penting dalam penggunaan IT dalam bisnis. Apalagi, dunia IT memiliki tingkat perubahan yang sangat cepat. Dengan adanya pemantauan dan peninjauan berkala, perusahaan bisa melakukan respons terhadap perubahan tersebut sehingga tidak mengganggu operasional bisnis.

Tantangan dalam Implementasi ISO 20000-1

Penerapan ISO 20000-1 memang memberi manfaat besar bagi perusahaan. Meski begitu, penerapannya kerap mendapatkan berbagai tantangan yang sulit untuk diatasi, antara lain adalah:

  • Dukungan manajemen yang minim. Divisi yang berkaitan dengan IT menyadari pentingnya implementasi ISO 20000-1. Namun, terkadang keinginan tersebut tidak mendapatkan dukungan dari manajemen. Apalagi, pihak manajemen merasa kalau keberadaannya tidak terlalu berdampak besar pada bisnis.
  • Anggaran. Tantangan selanjutnya adalah keterbatasan anggaran. Apalagi, perusahaan perlu mengalokasikan dana khusus agar proses implementasi standar ISO ini dapat berjalan lancar.
  • Pengetahuan. Tak semua orang memiliki pengetahuan yang lengkap tentang ISO 20000-1. Padahal, proses implementasi memerlukan orang yang benar-benar memahami standar ini. Dengan begitu, perusahaan bisa mendapatkan manfaat besar dari implementasinya.
  • Pembagian tugas. Tantangan terakhir adalah terkait pembagian tugas serta tanggung jawab. Dalam proses ini, Anda perlu menetapkan tanggung jawab dan membekali karyawan dengan keahlian yang sesuai.

Panduan Implementasi ISO 20000-1

Dalam proses implementasi ISO 20000-1, ada 5 tahapan penting yang perlu Anda lalui, yaitu:

1. Pendekatan

Langkah pertama dalam penerapan ISO 20000-1 adalah adanya upaya pendekatan yang tepat. Anda dapat melakukan upaya pendekatan tersebut dengan berbagai cara, termasuk di antaranya adalah:

  • Memahami prinsip utama dari ISO 20000-1
  • Peran dari masing-masing individu
  • Aktivitas perusahaan yang berkaitan dengan standar ISO 20000-1

2. Perencanaan

Selanjutnya, ada tahapan perencanaan dari implementasi service management system perusahaan. Tahap perencanaan ini bisa Anda terapkan melalui beberapa langkah, yaitu:

  • Menetapkan lingkup kerja sistem manajemen layanan
  • Mendefinisikan tujuan manajemen layanan
  • Menemukan proses yang bersifat penting
  • Menetapkan peran serta tanggung jawab
  • Menentukan sumber daya serta skala waktu
  • Mengembangkan proses untuk pengelolaan risiko
  • Mengembangkan metode untuk mengelola, mengaudit, serta meningkatkan kualitas layanan

3. Pelaksanaan

Berikutnya, Anda dapat mulai memasuki tahap pelaksanaan yang meliputi:

  • Mengelola sumber daya dan anggaran
  • Melatih dan memotivasi para karyawan dengan pelatihan ISO 20000-1
  • Menyusun dokumentasi, rencana pengawasan, kebijakan, serta prosedur untuk berbagai jenis proses
  • Mitigasi risiko

4. Pengawasan

Proses pengawasan menjadi hal penting dalam implementasi ISO 20000-1. Proses ini mencakup berbagai hal, di antaranya:

  • Melakukan penilaian secara berkala terhadap perencanaan manajemen
  • Menilai kesesuaian antara penerapan service management system dengan standar ISO 20000-1
  • Menyelenggarakan program audit

5. Peninjauan

Tahapan terakhir dan penting dalam implementasi ISO 20000-1 adalah langkah peninjauan, yang bisa Anda lakukan dengan beberapa tahapan, seperti:

  • Membuat dan mempublikasikan kebijakan yang menjelaskan secara gamblang tugas dan tanggung jawab dalam upaya peningkatan kualitas layanan
  • Susun rencana pengembangan atau peningkatan kualitas layanan
  • Hilangkan hal-hal yang tidak sesuai dengan standar ISO 20000-1

Itulah penjelasan lengkap mengenai apa itu ISO 20000-1 serta manfaat yang bisa Anda peroleh dari implementasinya. Untuk mendapatkan semua manfaat tersebut, Anda dapat mulai melakukan implementasi standar internasional ini bersama dengan NSQ Indonesia.

Request Quotation

Artikel ISO 20000-1

No Content Available